Blackberry Torch 2 ( Jennings 9810)


Price :  Rp. 5.500.000,- (September 2011)

Perbadingan Blackberry Torch 2 dengan Blackberry Dakota (torch 2 9810 vs Dakota 9900) :
Awalnya saya tidak pernah punya niat untuk upgrade Blackberry ke Torch 2 (pengennya sih Dakota atau Storm 3). Namun ada konter teman saya yang menawari dengan harga murah dan garansi resmi SS akhirnya saya tertarik untuk mencobanya (padahal pada saat itu saya sudah memakai Blackberry Dakota).
Secara spesifikasi, Blackberry Torch 2 ini hampir sama dengan Dakota, peningkatan prosesor 1,2 Ghz, RAM 768 MB, dan sama-sama mengusung OS7 , touchscreen with keyboard qwerty, hanya saja Torch 2 tetap mempertahankan model slide dan Dakota masih mempertahankan model Bold khas Blackberry.

Kelebihan Blackberry Torch 2 (Jennings 9810) dibanding Blackberry Dakota 9900 :
  1. Blackberry Torch 2 memiliki kamera autofokus (HD quality) sedangkan Dakota kameranya belum autofokus padahal sama-sama 5 megapixel
  2. Blackberry Torch 2 memiliki kapasitas batere yang lebih besar yaitu 1.270 mAh sedangkan Blackberry Dakota hanya 1.230 mAh, perbedaan yang hanya sedikit sepertinya, namun apabila dibandingkan secara pemakaian normal, Blackberry Torch 2 mampu bertahan hingga 2 hari 2 malam (2G only) sedangkan Blackberry Dakota hanya mampu bertahan selama 1 hari (2G only), ini berdasarkan pengalaman saya dalam kondisi pemakaian normal.
  3. Blackberry Torch 2 punya pilihan tampilan mode landscape dan vertikal, sedangkan Blackberry Dakota hanya ada pilihan landscape saja
  4. Blackberry Torch 2 memiliki ukuran layar yang lebih besar sehingga kita bisa menjadikannya sebagai smartphone full touchscreen function karena bisa mengetik menggunakan layar touchscreen, sementara Blackberry Dakota hanya bisa mengetik menggunakan keyboard fisik.

Kekurangan Blackberry Torch 2 (Jennings 9810) dibanding Blackberry Dakota 9900 :
  1. Blackberry Torch 2 belum memiliki fitur NFC sedangkan Blackberry Dakota sudah support NFC
  2. Papan keyboard Blackberry Dakota lebih besar dan lebih nyaman saat ditekan, sehingga lebih mudah untuk mengetik dibandingkan keyboard milik Torch 2
  3. Blackberry Torch 2 memiliki desain yang sama persis dengan Blackberry Torch 9800, sehingga kurang percaya diri saat memamerkannya kepada teman. Berbeda dengan Blackberry Dakota yang sudah memiliki bentuk yang lebih elegan, lebih tipis, futuristik, mengikuti mode smartphone saat ini.

Demikian ulasan singkat dari saya. Silahkan Anda tentukan sendiri yang mana yang akan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Kalau saya lebih memilih Torch 2 karena pertimbangan baterai-nya yang lebih awet dan kualitas kameranya yang jauh lebih bagus. Saya tidak perduli dengan keyboardnya yang kurang nyaman karena saya jarang memakainya untuk menulis, saya juga tidak peduli dengan fitur NFC yang saat ini belum berkembang di Indonesia. Tapi bagi Anda yang lebih suka model stylish, Anda yang hobby chatting, tentu Anda akan lebih suka dengan Blackberry Dakota karena sesuai dengan kebutuhan Anda...
Copyright © Hathir Blog