HTC Evo 3D, Layar 3 Dimensi Tanpa Harus Memakai Kacamata 3D


Price :  Rp. 5.999.000,- (Oktober 2011)
Yang saya tunggu-tunggu akhirnya hadir juga di Indonesia, malah melalui distributor resmi. Ya, saya sudah cukup lama menantikan HTC Evo 3D berada dalam genggaman saya. Ketika melihatnya pada showroom Selular Shop dan barangnya ready, maka langsung saya ambil.
HTC Evo 3D merupakan smartphone yang sangat fenomenal. Ya... inilah smartphone android pertama yang mengusung teknologi 3 Dimensi pada layarnya. Untuk melihat foto atau video 3 dimensi, Anda bisa langsung menikmatinya dengan mata telanjang tanpa harus menggunakan kacamata 3D. Bukan hanya itu, selain untuk menampilkan foto atau video 3 dimensi, smartphone ini juga dibekali dengan 2 buah kamera stereoskopik 3 dimensi untuk mengambil gambar / foto 3 dimensi dan dapat ditampilkan langsung di layarnya. Selain untuk mengambil foto, smartphone ini juga bisa untuk merekam video dalam format 3 dimensi dengan kualitas HD, dan dapat langsung diputar / dinikmati pada layar 4,3 inchi di smartphone ini. Saya sangat terkesima dibuatnya.. karena baru kali ini saya menyaksikan tampilan 3 dimensi secara langsung, dan hasilnya ternyata lebih realistik ketimbang mengenakan kacamata 3D sepeti pada bioskop 3D yang pernah saya tonton.
Untuk memanjakan customer pada paket penjualannya sudah include microSD sebesar 8 GB yang sudah berisi file-file foto 3 dimensi, game-game 3 dimensi full game, bukan demo, yaitu Spiderman 3, The SIMS 3, dan NFS. Juga include 1 buah bonus film box office 3 Dimensi "Green Hornet" dengan kualitas HD yang langsung dapat kita nikmati tanpa harus membayarnya / membelinya (untuk film-film lain selain bonus, Anda harus membelinya melalui aplikasi watch). 

Kelebihan / Keunggulan HTC Evo 3D :
  • Layar 4,3" S-LCD  dengan resolusi tinggi 540x960 (Touchsreen with multi-touch support)
  • Layar Gorilla Glass anti gores yang mampu mengeluarkan tampilan 3 Dimensi tanpa memakai kacamata 3D
  • Prosesor 1,2 Ghz dual core
  • RAM 1 GB dijamin tak akan lemot dan tak akan restart sendiri karena kehabisan ruang gerak
  • ROM 4 GB, 1,5 GB for aplications, mau instal banyak aplikasi bakalan muat
  • Kamera Steroscopic 2 buah, mampu untuk mengambil foto dan merekam video dengan kualitas 3 dimensi maupun 3 dimensi (ada saklar khusus untuk mengatur pilihan 3D / 2D)
  • Terdapat tombol sutter kamera, ini jarang ditemui pada smartphone android lainnya. Dan di sebelah tombol sutter terdapat saklar untuk memilih mode kamera 3D / 2D
  • Tersedia front camera 1,3 megapixel untuk melakukan video chat
  • Tersedia pilihan TV Out (sayang tidak disertakan dalam paket penjualan)
  • Kapasitas baterai 1.730 mAh

Kekurangan HTC Evo 3D :
  • Kualitas speaker kurang baik, suara terdengar pecah dan kurang begitu kencang walaupun volume sudah maksimal
  • Kamera depan belum bisa digunakan untuk melakukan video call 3G, baru bisa untuk video chat via Skype, Frings, Yahoo Messenger

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan bila memiliki HTC Evo 3D :
  • Anda akan sulit untuk menggantikannya dengan smartphone yang lain karena beberapa fitur yang dimilikanya tidak tersedia di smartphone lain. 
  • Anda akan memerlukan berbagai asesoris tambahan, terutama baterai extended. Walaupun baterai bawaannya sebenarnya sudah cukup awet dipakai seharian (dalam pemakaian normal), namun bila Anda lebih intensif menggunakannya untuk memfoto, merekan, dan menonton film dalam format 3D, maka Anda akan membutuhkan lebih banyak daya, untuk itu silahkan Anda menggunakan asesoris pihak ketiga, terdapat banyak pilihan baterai extended untuk HTC Evo 3D, ada yang standar 1.730 mAh, ada yang 1.900 mAh, 2.400 mAh, bahkan ada pula yang bekapasitas 3.500 mAh dan 4.000 mAh buatan SEIDIO, namun sayangnya tidak tersedia di Indonesia (tidak ada distributornya), yang ada hanyalah merk Cameron Sino dengan kapasitas 2.400 mAh, saya rasa sudah cukup lah. Dengan baterai extended tersebut (ukurannya lebih besar dari baterai standar) maka Anda akan membutuhkan penutup khusus yang sudah satu paket dengan pembelian baterai, dengan demikian HTC Anda akan terlihat lebih gendut sepeti pada foto berikut ini :



  • Anda mungkin juga akan membutuhkan holster / sarung , tapi hingga saat ini saya belum mendapatkannya
  • Anda tidak perlu menggunakan screen guard karena akan mengganggu (kurang nyaman) saat menjelajah layar touchscreen-nya
  • Anda perlu menginstall aplikasi Phereo (bisa di-download via market) untuk berbagi foto 3 dimensi dan bergabung dengan komunitas pengguna HTC Evo 3D di seluruh dunia...
  • Anda juga bisa menggunakan Launcer 3 Dimensi untuk lebih menimbulkan kesan 3 Dimensi pada smartphone ini..




Demikian dulu ulasan singkat dari saya. Silahkan Anda follow twitter saya @benynem untuk mendapatkan update instant tentang gadget terbaru yang sedang saya coba.
Copyright © Hathir Blog